Header Ads

Kebiasaan Segera Menyelesaikan Masalah

Saat menghadapi hal yang kurang menyenangkan, kadang kita sering kali perlu waktu untuk menerimanya. Kadang, sering pula kita menyesal berkepanjangan. Atau, tak jarang, malah kita repot untuk  mencari-cari siapa yang bisa disalahkan.



Padahal, jika kita mau merenung sejenak, apapun kondisi dan permasalahan yang timbul, kita sendiri yang menanggung dan merasakannya. Karena itu, kita pula sejatinya yang harus segera menyelesaikannya. Terlepas dari apapun asal mula masalah, akan jauh lebih bermanfaat jika kita segera mencari sumber masalah dan menuntaskannya.

Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut, masalah satu akan segera bertumpuk dengan masalah lain. Tantangan satu, akan segera disusul tantangan lainnya. Karena itu, biasakan segera memecahkan persoalan, dan segera mencari langkah menyelesaikannya. Selain pikiran menjadi terbuka, hati lebih tenang, jiwa pun makin matang. Sehingga, saat melangkah ke depan, kita tak akan terbebani masalah di masa lampau, dan segera bergerak untuk meraih hari lebih cerah.


Jangan lari dari masalah. Hadapi jiwa dengan tenang dan pikiran yang terang. Saat kita berhasil menyelesaikan satu masalah, niscaya kita akan belajar satu ilmu lagi yang bermanfaat, sehingga esok hari, kita akan mendapat banyak berkah. 

Tidak ada komentar