Header Ads

5 Tips Praktis Untuk Puasa Sehat dan Bugar


Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, dan aktivitas serta kesehatan tidak terganggu, berikut ini kami sajikan lima tips praktis yang bisa anda terapkan :

1.      Sesuaikan kemampuan fisik anda
Puasa memang ibadah yang wajib dijalankan oleh umat muslim, namun apabila kondisi kesehatan sedang tidak fit, misalnya baru sembuh dari sakit, berusia lanjut, atau sedang hamil, ada baiknya anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomondasi berpuasa sehat menurut kondisi tubuh anda.

2.      Hindari dehidrasi
Untuk menghindari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, sebaiknya selama berpuasa anda menghindari terpapar sinar matahari langsung, atau berlama-lama berada di tempat yang bersuhu panas. Selain itu, konsumsilah susu dan buah-buahan pada saat sahur, terutama buah yang banyak mengandung air.

3.      Jangan ‘kalap’ saat terbuka
Jika sudah waktunya, segeralah berbuka, tetapi jangan sampai gelap mata. Sebaiknya, berbukalah dengan meminum minuman manis atau tajil. Bisa juga dengan menyantap makanan ringan, seperti salad, atau sup. Setelah itu, istirahatkan lambung anda sejenak seraya menjalankan solat magrib, baru kemudian menyantap makanan porsi penuh.

4.      Istirahat yang cukup
Terutama pada beberapa hari awal puasa, tubuh akan terasa lebih lemas. Hal ini wajar, karena kalori yang masuk ke dalam tubuh  tidak sebanyak atau sesering biasanya. Oleh karena itu, jika anda merasa lemas, jangan paksakan diri anda untuk bekerja terlalu keras,. Kerjakan tugas-tugas anda dengan perlahan tapi pasti, dan jangan menumpuk pekerjaan, karena hanya akan memicu stress. Olahraga ringan juga boleh dilakukan, guna menjaga kebugaran tubuh.

5.      Persenjatai tubuh anda dengan suplemen

Selama berpuasa, asupan nutrisi yang didapat dari makanan dan minuman terbatas, sehingga tubuh semakin membutuhkan asupan suplemen agar bisa menjalankan fungsinya secara normal, tanpa gangguan. Konsumsilah suplemen yang mengandung 12 vitamin dan 13 mineral.

Tidak ada komentar