Header Ads

8 SIKAP KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF


Pemimpin yang efektif dan bawahan yang termotivasi akan dampak positif ke dalam dan luar perusahaan. Efektif diartikan memberikan dampak positif, orientasi hasil, produktif, berdaya guna dan berkeinginan kuat untuk sukses. Pemimpin dan bawahan ibarat Yin dan Yang, dua karakter berbeda dan bertolak belakang. Jika dipadukan dengan benar akan menciptakan situasi dinamis, sinergi positif dan kekuatan besar. Maka 8 sikap kepemimpinan yang efektif dapat dipelajari sebagai berikut :

Vision (Visi demi ambisi besar)
Pemimpin yang ingin sukses membutuhkan visi, agar arah dan tujuan perusahaan terlihat jelas sekarang dan mendatang. Visi adalah ambisi besar yang ingin dicapai dan melibatkan anggota perusahaan. Pemimpin yang efektif selalu  berupaya menanamkan visi kepada karyawannya agar pikiran dan tindakan selaras dan konsisten dengan tujuan perusahaan.

Transformational (Perubahan demi kemajuan)
Kepemimpinan yang membangun dan servant leadership ”pemimpin yang melayani” akan mengungkit motivasi bawahannya. Pemikiran yang transformational menjadikan tim kerjanya bergerak dan berubah lebih cepat demi meraih tujuan.

Balancing Between Reward and Punishment (Keseimbangan dalam perlakuan)
Menciptakan atmosfir kerja yang kondusif sangat penting, karena perusahaan terdiri dari karyawan yang berbeda. Pemimpin yang melakukan tindakan benar dan tepat terhadap karyawannya akan membuat suasana perusahaan lebih hidup dan bergairah.

Good Listener (Pendengar yang baik)
Membangun keseimbangan informasi sangat penting agar pemimpin dapat melakukan keputusan dan tindakan yang benar  tanpa merugikan perusahaan dan karyawannya. Kepemimpinan yang hanya mendengar  kepada satu pihak yang disukainya, dapat berkaibat blunder. Keputusan yang keliru akan berdampak buruk bagi perusahaan di kemudian hari.

Anger Management (Ekpresi Marah)
Kepemimpinan yang kuat bisa diartikan beribawa dan mendorong bawahan melaksanakan intruksinya. Kadang diperlukan sikap keras dalam kata-kata agar semua orang mengerti dan selalu mengingat apa yang harus dilakukan.

Discipline Oriented (Disiplin adalah sikap positif)
Disiplin didefinisikan sebagai kepatuhan kepada kebenaran. Pemimpin yang efektif tercermin dari tindakannya mendidik karyawan untuk menjalankan sikap disiplin terhadap waktu, penyelesaian pekerjaan, dan keinginan kuat mencapai target yang ditetapkan. Pemimpin yang berkarakter mengerti bahwa jika ingin sukses maka kunci utamanya adalah sikap disiplin.

Cybernetics Control (Kontrol berjaring)
Pemimpin yang efektif secara berkala turun ke lapangan untuk memastikan bahwa semua informasi dan data yang diperoleh sesuai dengan kenyataan. Pemimpin yang peduli kepada pertumbuhan dan kemajuan akan melihat secara langsung cara kerja bawahannya pada beberapa tingkatan. Sikap ini akan menimbulkan apresiasi dan semangat kepada semua karyawannya.

Meritocracy (Sebagai aset perusahaan)

Pemimpin yang efektif akan menciptakan karyawan sebagai aset bernilai tinggi dan ujung tombak perusahaan. Maka penempatan karyawan anda dapat dilakukan melalui sistem meritokrasi yaitu berdasarkan kemampuan, prestasi, dan talenta. 

Tidak ada komentar