Header Ads

Tetangga Dekat, Jantung Sehat




Khawatir tetangga yang selalu bikin jengkel bisa membuat anda pendek umur ?
Kecemasan anda beralasan. Studi terbaru di dalam Journal of Epidemiology and Community Health mengungkap bahwa ada kaitan jelas antara kesehatan jantung anda dalam kehidupan bertetangga yang menyenangkan.
“Saat seseorang merasa memiliki tetangga yang baik dan terlibat di dalam komunitas lokal, hal itu bisa membantu menangkis resiko serangan jantung,” ungkap studi yang dilakukan tim ilmuwan dari University of Michigan tersebut.
Dalam studi ini, para peneliti menganalisis data 5.276 orang yang tidak memiliki sejarah gangguan jantung. Selama empat tahun, peneliti memonitor kesehatan kardiovaskular para partisipan yang rata-rata berusia 70 tahun dan sebagian besar perempuan menikah.
Di awal penelitian, partisipan diminta memberi penilaian dari satu sampai tujuh terhadap sejumlah kriteria :
Seberapa besar mereka merasa menjadi bagian dari lingkungan.
Seberapa besar mereka bisa mengandalkan tetangga.
Seberapa besar mereka percaya pada tetangga.
Seberapa baik tetangga yang mereka miliki.
Ketika peneliti mengolah penilaian yang dikumpulkan partisipan di akhir studi, mereka mendapati bahwa untuk setiap peningkatan poin penilaian mengenai kehidupan bertetangga, individu mengalami penurunan resiko serangan jantung.
Partisipan yang memberikan penilaian penuh, yakni tujuh terhadap semua kriteria, memiliki penurunan resiko serangan jantung sebesar 67% dibandingkan dengan mereka yang hanya memberi penilaian rendah, misalnya satu.
Perbedaan ini menurut salah seorang peneliti Eric Kim, dianggap signifikan. “Ini hampir setara dengan pengurangan resiko serangan jantung antara perokok dan bukan perokok,” tegasnya. Jadi sayangilah tetangga anda, karena manfaatnya besar bagi jantung anda.

Tidak ada komentar