Header Ads

Alat Pemroses




Alat Pemroses yaitu alat dimana intruksi – intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya ditampilkan dialat output. Alat pemroses terdiri dari CPU dan Main Memory.
 
CPU merupakan tempat pemroses intruksi – intruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan mikro processor. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Control Unit dan Aritmatic dan Logika (ALU).
Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Tugas dari unit kendali ini adalah :

  • Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output.
  • Mengambil intruksi – intruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan untuk diproses).
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Mengirim intruksi ke ALU apabila  ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.

ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan intruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu. Yaitu =,<>,<.< =,>.> =

Tidak ada komentar