Header Ads

Rahasia Kecil Ikan Badut




Ikan badut yang lucu dan imut ternyata memiliki rahasia kecil yang unik.
Lendir Kebal. Ikan Badut alias  clownfish hidup berdampingan dengan anemon laut. Anemon laut adalah binatang yang wujudnya mirip sekali dengan rumput laut. Hewan ini suka menyengat siapa saja yang menyentuhnya, kecuali ikan badut. Tahu Kenapa ? Sebab, tubuh ikan badut punya lapisan lendir yang membuatnya tak tersengat anemon. Jadi, meski tampak imut, ikan badut ternyata berlendir.
Mengais Sisa Makanan. Anemon laut suka menjebak plankton untuk disantap, dengan menggunakan tentakelnya. Plankton sisa makanan anemon yang tercecer menjadi bagian ikan badut. Dengan memakan sisa-sisa plankton, ikan badut membuat anemon tetap bersih. Dengan begitu ikan badut juga lebih nyaman tinggal di dalamnya. Kerja sama yang bagus bukan ?
Berganti Kelamin. Ikan Badut adalah jenis binatang hermaprodit. Artinya, ia bisa berganti jenis kelamin. Kamu tahu, yang berkuasa di kelompok ikan badut biasanya adalah betina paling besar. Ketika betina ini mati, dan tak ada betina lagi, maka jantan yang paling besar akan berubah menjadi betina.
Suka Menggigit. Meski tampak imut, ikan badut ternyata terkenal galak. Dia akan galak jika ada yang berani mengusik anemon laut yang menjadi tempat tinggalnya. Biasanya, dia galak pada para penyelam.Terutama mereka yang tangannya usil ingin menjamah anemon laut tempat tinggal ikan badut. Sebenarnya, ikan badut galak hanya untuk mengusir. Tetapi, jika yang diusir tetap tidak mau pergi, ia akan menyerang dan menggigitnya.

Tidak ada komentar